"Siapa bilang belajar itu cuma bikin pusing"? Belajar itu Menyenangkan!

Rabu, 28 Maret 2012

KIAT BELAJAR EFEKTIF



Post by :       AGUS S.




1. Penentuan Target

Tentukan target-target kita di semester ini, buat jadwal harian yang isinya langkah-langkah menuju target tersebut.



2. Tingkatkan Konsentrasi

 Usahakanlah selalu berkonsentrasi penuh ketika mendengarkan pelajaran di sekolah. Materi yangkita dengar dengan konsentrasi akan mudah diingat lagi begitu kita menghafal ulang pelajaran tersebut.


3. Ulangi Apa Yang Kita Pelajari

Beberapa teman kita mungkin merekomendasikan untuk mengetik ulang catatan pelajaran dengankomputer. Logikanya dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulang pelajaran yang baru saja kita peroleh dari sekolah. Materi yang diulang tadi bisa tersimpan di memoriotak untuk jangka waktu lebih lama. Lebih bagus lagi kalau kita mau membaca kembali atau mempelajari catatan tersebut setelah diketik.


4. Diskusikan Hasil Yang Kita Pelajari

 Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat kesimpulan dengan kata-kata sendiri. Supaya dapat terpatri lebih lama di memori otak, tulis kesimpulan tadi di catatan kecil.Dalam waktu senggang kita dapat membaca ulang catatan kita.


5. Gunakan Buku Catatan

 Teman lainnya menyarankan untuk selalu menggunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran. Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi membuka semua buku.


6. Ulangi Pelajaran Dengan Mengajarkan Pada Teman Lain

Mengulangi pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru saja diperoleh bisa membuat kita selalu ingat akan materi tersebut. Bagusnya lagi kita jadi lebih paham akan materi tersebut.


7. Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam, Sejam Atau Semenit.
 Belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Paling tidak sebulan sebelum ulangan kita gunakan untuk mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. caranya selalu membuatringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran, kalau perlu memakai tabel atau gambar ilustrasisupaya diingat.

8. Pilih Waktu Belajar Yang Tepat

Gunakan waktu di pagi hari, dua pertiga malam, atau diwaktu senja semua tergantung kita semua.Yang penting badan masih segar setelah tidur / istirahat yang cukup, karena semangat masih tinggi.Kondisi yang bagus ini jangan disia-siakan begitu saja. Pagi digunakan untuk berkonsentrasi penuh padapelajaran di kelas dan siangnya berkonsentrasi untuk mengulang kembali. Malam hari dipergunakanuntuk mengerjakan aktivitas ringan atau pekerjaan rumah. Jadi tidak pernah ada kata begadang.


9. Jangan Terforsir

Jika tubuh kita lemas dan capek, pasti kita susah untuk berkonsentrasi. Maka jangan terlalu diforsiruntuk belajar atau berkonsentrasi. Istirahatlah terlebih dahulu.


10. Suasana Belajar yang Mengasyikkan

 Gunakan suasana yang tenang dan mengasikkan, seperti saat melihat sepakbola. Jadikanlah bukusebagai teman setiamu. Dijamin belajarmu akan selalu menyenangkan dan penuh semangat.


11. Bertanggung Jawab Atas Diri Sendiri

Tanggung jawab merupakan Tolok ukur sederhana dimana kita sudah mulai berusaha menentukansendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar.



12. Pusatkan Diri Terhadap Nilai Dan Prinsip Yang Kita Percaya

Tentukan sendiri mana yang penting bagi diri kita. Jangan biarkan teman atau orang lain mendiktetentang apa yang penting bagi kita.


13. Kerjakan Dahulu Mana Yang Lebih Penting ( Prioritas )

 Kerjakanlah dulu prioritas-prioritas yang telah kita tentukan sendiri. Jangan biarkan orang lain atauhal lain memecahkan perhatian.


14. Anggap Dirimu Berada Dalam Situasi "Co-opetition" ( Bukan situasi "Win-Win" Lagi )
 "Co-opetition" merupakan gabungan dari kata "cooperation" ( kerjasama) dan "competition" (persaingan). Jadi selain sebagai teman yang membantu dalam belajar bersama dan banyak memberimasukkan ide baru, anggaplah teman sebagai saingan juga di dalam kelas. Dengan begitu kita akanselalu terpacu untuk melakukan yang terbaik di dalam kelas.


15. Pahamilah Orang Lain, Maka Mereka Akan Memahamimu


16. Cari Solusi Yang Lebih Baik

Bila kita tidak mengerti akan bahan yang diajarkan hari ini, jangan hanya membaca ulang bahantersebut. Coba cara lainnya misalkan dengan cara mendiskusikan dengan guru pengajar, teman ataupun.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar