"Siapa bilang belajar itu cuma bikin pusing"? Belajar itu Menyenangkan!

Selasa, 27 Maret 2012

DEFINISI PEMBELAJARAN

Di Posting oleh Beti Widiasari


Dalam pembelajaran, guru harus memahami materi pembelajaran yang di ajarkan sebagai suatu pelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir siswa dan memahami berbagai model pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan siswa untuk belajar dengan perencanaan yang matang oleh guru. Oleh karena itu diperlukan adanya teori pembelajaran yang akan menjelaskan asas-asas untuk merancang pembelajaran yang efektif di kelas. Pembelajaran sebagai proses belajar yang di bangun oleh guru untuk mengembangkan kreatifitas berfikir yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan mengkonstruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi pembelajaran.

Berdasarkan definisi di atas, pembelajaran dapat diartikan sebagai usaha memperoleh perubahan perilaku. Prinsip ini mengandung makna bahwa ciri utama pembelajaran adalah perubahan perilaku dalam diri individu. Artinya seseorang yang telah mengalami perbelajaran akan berubah perilakunya. Tetapi tidak semua perubahan perilaku sebagai hasil pembelajaran. Perubahan perilaku sebagai hasil pembelajaran mempunyai ciri-ciri yaitu perubahan yang disadari. Dalam hal ini pembelajaran tidak terjadi secara seketika, melainkan sudah melalui tahapan perancangan pembelajaran. Proses pembelajaran, aktivitasnya dalam bentuk interaksi yang sadar akan tujuan, artinya interaksi yang telah dicanangkan untuk suatu tujuan tertentu setidaknya adalah pencapaian tujuan instruksional atau tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.
Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar secara aktif, yang menekanakan pada penyediaan sumber belajar(Dimyati & Mudjino dalam Sagala, 2005). Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (UUSPN No. 20 Tahun 2003 dalam Sagala, 2005). Pembelajaran sebagai proses belajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreativitas berfikir yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan mengkonstruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi pembelajaran.
Pembelajaran merupakan suatu proses yang sistematis melalui tahap rancangan, pelaksaan dan evaluasi (Knirk & Gustafson dalam Sagala, 2005).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar